Belajar memahami copywriting

Image result for writing gif

Copywriting adalah konten yang tertulis pada media online , tetapi banyak yang mengartikan Copywriting itu adalah teknik menulis iklan. Kita tidak akan membahas panjang lebar tentang artinya, karena banyak yang menganggap Copywriting itu adalah teknik menulis iklan, maka kita akan membahas tekniknya .

 

Apa pentingnya teknik Copywriting dalam beriklan ?

Image result for writing gif

Begini, Anda berjualan online tanpa bertatapan muka dengan pembeli, maka tanpa ada nya teknik dalam menulis iklan , bisa dikatakan iklan itu gak akan ada gunanya. bener gak?
walaupun kamu menghabiskan jutaan rupiah untuk beriklan tetapi teknik menulis iklan di diri Anda masih minim sekali, bahkan masih nol (0), dan sudah bisa ditebak pasti iklan itu gak ada Closingnya, ada sih tetapi kecil sekali persen nya .

Ibaratnya gini, kamu pergi ke pesta atau ke acara , sepatu kamu sudah terlihat cantik cuma pakaian kamu compang-camping(tidak rapi)dan kamu tidak berdandan(tanpa make up sedikitpun) pasti orang melihat nya tidak tertarik dengan penampilan kamu . bener kan?. nah begitu juga dengan beriklan, tanpa Copywriting yang tepat maka iklan kamu engga akan menarik peminat calon konsumen kamu.

Okey , kita ambil contoh lagi biar makin paham, kamu memiliki sebuah motor, nah motor kamu ini sehat dan sudah kinclong , tetapi bensin nya tidak ada , apa yang terjadi ? sudah pasti motor kamu tidak akan jalan dong.
contoh lain dalam beriklan, Kamu tau kan bahaya nya rokok? dan pasti semua orang tau bahaya nya, Tapi kenapa perokok di dunia ini semakin terus meningkat ? itu dikarenakan iklan yang keren, dia memberikan sisi negatif itu seolah-olah menjadi positif, dan pasti kamu tertarik untuk mencobanya. Apalagi kamu diserang oleh Spg-spg cantik yang ada di acara-acara tertentu , Spg tersebut hanya berkata “Rokok nya mas, biar makin keliatan ganteng,keren,cool” sudah pasti kamu membeli nya seolah-olah kamu terhipnotis dengan Spg tersebut.

Nah begitu juga dengan teknik Copywriting dalam beriklan, tanpa ada nya teknik tersebut iklan tersebut terasa hampa/hambar/polos atau sejenisnya. lain halnya ketika kamu jualan Offline kamu engga perlu teknik Copywriting , tapi teknik gerakan tubuh dan teknik berbicara. emang ada orang jualan nyodorin kertas terus kamu nulis terus kasih ke pembelinya ? engga dong. emangnya orang nya mau belajar baca ? ya engga lah.  jadi kalau jualan offline itu engga perlu banyak penawaran pun orang pasti tertarik asalkan tempat kamu itu menarik dan pelayanan nya bagus.

Kembali ke topik utama yaitu Copywriting, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis iklan.

1.Headline
2.Penawaran
3.Alasan
4.Bonus
5.Testimoni
6.Garansi
7.Call to Action
8.N.B

okey kita akan membahas 1 per 1.

1. Headline

Image result for kpop headline gif

Headline itu yang dimaksud adalah kata pembuka , dan dalam beriklan inilah yang dinamakan iklan nya iklan. jadi kalau Headline nya buat orang penasaran otomatis yang membaca nya akan berpotensi gede/banyak.
contoh kalimat perangsang di bagian Headline :
1.Anda
2.Cepat
3.Praktis
4.Lebih
5.Rahasia
6.Terbatas
7.Sekarang
8.Penting
9.Buruan
10.Menarik
11.Hanya
12.Mudah
13.Akhirnya
14.Baru
15.Pengumuman
16.Perhatian
17.Perkenalkan
18.Dicari
19.Spesial!
20.Segera
21.Cara

Kalimat yang popular digunakan untuk Headline:
1.Inilah Cara…
2.Ini Alasan Kenapa…
3.Bagaimana Caranya…
4.Bagaimana Anda Bisa…
5.Kini…
6.Jangan… sebelum… ini
7.Siapa lagi…
8. 7 Alasan Kenapa Anda…


Contoh :
Anda ingin turun berat badan 10kg dalam seminggu ?
Special! yang membaca pesan ini akan mendapatkan bonus special Hari kemerdekaan!
Inilah cara agar berat badan anda turun 10kg dalam seminggu.

2. Penawaran.

Image result for funny offer gif

Dalam teknik Copywriting di wajibkan yang namanya penawaran, penawaran bisa berupa apa saja yang mengandung kata menjual dan harus segera.
kata-kata yang sering digunakan untuk bagian Penawaran :
1. Beli sekarang !
2. Diskon!
3. Join sekarang!
4. Mau ?
5. Minat ?
dan sejenisnya .

3. Alasan.

Image result for funny reason gif

Jangan sampai mereka berpikir sepertini : apa untungnya buat saya ? emang gue pikirin?
sebelum mereka berpikir demikian, Kamu harus memberikan alasan kenapa mereka harus beli produk kamu.
Kata-kata yang sering digunakan untuk bagian Alasan :
1. 7 Alasan Kenapa Anda HARUS beli …
2. Mengapa Produk ini WAJIB Anda miliki…
3. Kenapa ini PENTING untuk Anda coba…
4. Ini Alasan Kenapa Anda HARUS Bergabung
5. Menjadi…
6. Selain Alasan ini, Alasan Apa Lagi yang Membuat
7. Anda Tidak MEMBELI Produk ini…
silahkan kreasikan ide kamu untuk melanjutkan kalimat tersebut dan buat kalimat baru.

4. Bonus.

Image result for flatter gif

Dengan memberikan sebuah bonus kepada pembeli kamu, sudah pasti dia akan tertarik untuk membeli produk tersebut, lalu apa saja yang sering digunakan untuk bagian bonus ?
1. Relevan
berikan bonus yang relevan.
2. Berkualitas.
Berikan bonus yang berkualitas, jangan ketika kamu menjual kacang goreng dan kamu memberikan bonus kulitnya , orang gak bakal mau.
3. Ada harganya.
Bonus yang kamu berikan juga harus ada harganya walaupun harganya tidak seperti yang kamu tulis , tapi kamu bisa membuat bonus tersebut seolah-olah harganya lumayan mahal.

5. Testimoni.

Image result for online shop testimony

Kenapa harus testimoni ? yah, orang lebih percaya apa kata orang lain ketimbang apa kata kamu, otomatis dengan testimoni orang lebih yakin dan percaya.
Tips memberikan Testimoni:
1.Semakin spesifik, semakin orang akan merasa bahwa ‘INI BENAR’
2.Tunjukkan dalam Bentuk Angka
3.Jangan gunakan angka genap, 5, 10 atau kelipatannya
4.Jangan semuanya ditunjukkan
5.Tunjukkan Fotonya

6. Garansi.

Image result for thumb up gif


Fungsi dari garansi : 
1. Mengunci risiko mereka
2.Mengatasi rasa frustasi mereka
3.Alasan terkuat mereka bertransaksi dengan Kamu

Tips memberikan garansi :
1. Hindari kata-kata Garansi yang sering digunakan oleh banyak orang
2. Garansi harus menyentuh rasa frustasi terbesar yang dialami mereka
3. Berikan Garansi yang sekiranya tidak memberatkan kamu.

7. Call to Action.

Image result for calling gif


Tanpa adanya Call to Action calon customer kamu engga bakalan bergerak untuk membeli dan menghubungi kamu. fungsinya adalah agar orang tersebut segera mengambil keputusan untuk membeli saat itu juga.
contoh Kalimat Call to Action :
• Apa lagi yang Anda tunggu? Telepon sekarang juga!
• Dapatkan katalog GRATIS kami. Hubungi …
• Bergabunglah dengan seribu konsumen yang puas lainnyahari ini juga!
• Untuk informasi lebih lanjut, hubungi….
• Action sekarang juga!
• Putuskan sendiri!
• Lakukan hari ini
• Jangan ragu-ragu!
• Beli sekarang juga!
• Hubungi segera!
• Berminat?
• Ini adalah keputusan yang menguntungkan untuk diambil
• Sekarang adalah saat yang terbaik!
• Daripada hanya membacanya, mengapa Anda tidak……
• Buktikan sendiri!
• Jadi, tunggu apa lagi?
• Waktu hampir habis!
• Mengapa tunggu sampai besok?
• Anda harus mengambil keputusan penting
• Anda sudah menunggu cukup lama

8. Nb/catatan kecil.

 

Apa yang harus di tulis di bagian ini?
• Penekanan
• Sesuatu yang belum tersampaikan di atas
• Double Call to Action
Contoh Kalimat N.B :
• Kami tidak mengatakan kami yang terbaik, merekalah yang mengatakannya…
• Jadikan ini sebagai titik balik dalam hidup Anda!
• Hanya ada satu kesimpulan. BELI SEKARANG!
• Siapa Cepat, Dia Dapat!
• Harga hanya berlaku untuk 50 pemesan tercepat.
• Jika HABIS, maka Saya akan menutup penjualan ini segera! 

Semua teknik engga akan berguna jika tanpa adanya action dan terus berlatih, dan ketika kamu terus berlatih dan action yang bertubi bisa dijamin kalau kamu akan menjadi ahli nya dalam bidang tertentu.

Semoga bermanfaat 🙂

Jika merasa bermanfaat, silahkan share ke teman kamu ^_^

Leave a comment