Basic facebook marketing (panduan komprehensif untuk pemula)

Selamat datang kembali ke pembahasan selanjutnya yang penulis bagikan untuk blog roo-edu ini. Sudah lihat postingan pertama rooedu? Kalo belum, silakan klik link dibawah ini untuk menambah wawasan kamu tentang teknik closing yang bisa memperbaiki cara kamu untuk menangani konsumen yang datang bertanya ke toko onlinemu, supaya persentase konversi deal-nya lebih meningkat.

 

Belajar-teknik-closing-cara-tepat-menangani-pertanyaan-konsumen

 

Okay, lanjut ke pembahasan berikutnya ya. Kali ini penulis ingin membahas tentang dasar-dasar pemasaran di facebook. Bersumber dari sebuah website bernama kissmetrics, penulis mencoba juga menambahkan poin poin penting berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Mari kita langsung lanjut ke materinya ya.

Image result for funny facebook picture

Facebook. Facebook itu BESAR. Sebagai jejaring sosial terbesar di dunia, facebook memiliki 1.23 milyar pengguna aktif, dan 62% pengguna yang melakukan log-in setiap harinya.

Fikirkan tentang ini :

Facebook berjalan dari sesuatu yang tidak diketahui lebih dari sedekade lalu, menjadi sesuatu yang digunakan oleh milyaran orang hari ini. Apakah pernah ada kisah sukses seperti Facebook ini sebelumnya?

Dan mungkin yang lebih penting, dengan momentum itu, apakah kamu fikir ada yang bisa menghentikan Facebook? Akankah Facebook bergerak dari milyaran, menjadi jutaan bahkan ribuan saja?

Sepertinya tidak. Facebook disini untuk tetap tinggal.

Dan dengan basis yang begitu besar, melewatkan Facebook bukan opsi bagi kebanyakan marketers. Kamu bisa bertaruh, pasar idealmu menggunakan facebook hampir setiap hari. Pertanyaannya adalah : Bagaimana kamu menjangkau semua pengguna facebook dengan cara marketingmu?

Kabar baiknya adalah platform periklanan facebook mengizinkanmu untuk mencari secara spesifik tipe orang yang kamu cari. Kamu bisa menargetkan berdasarkan lokasi, demografi, dan juga berdasarkan ketertarikan.

Dalam panduan ini, penulis akan memperlihatkan dasar-dasar dari bagaimana cara menggunakan facebook untuk keuntunganmu. Panduan ini diperuntukkan untuk para pemula yang ingin sebuah perkenalan terhadap memasarkan bisnis di jejaring sosial terbesar di dunia.

 

Siapa yang ada di facebook?

Image result for who meme gif

Facebook boleh berawal sebagai jejaring sosial untuk mahasiswa, akan tetapi, sekarang, hampir semua orang dengan akses internet menggunakannya. Usia minimum untuk menggunakan facebook adalah 13, dan terdapat alasan untuk mempercayai bahwa facebook digunakan oleh semua grup usia yang lain.

Facebook tidak merilis pernyataan publik tentang grup usia yang paling populer, tapi survey dari Pew menunjukkan jejaring sosial paling populer di antara rentang usia 18-29 tahun. Popularitasnya menurun sejalan dengan bertambahnya usia, popularitas terendah adalah di kelompok usia 65 tahun keatas.

Penulis dapat menjamin, tak peduli grup usia mana yang kamu targetkan, akan terdapat lebih dari cukup pengguna facebook yang bisa kamu jadikan target market untuk bisnismu.

Bagaimana kamu memasarkan (bisnismu) di facebook?

Image result for how gif

Facebook memiliki 3 alat (pages, ads, dan groups) yang bisa digunakan oleh siapapun (Penulis akan memfokuskan terhadap pages dan ads). Masing-masing dari opsi ini memiliki tujuannya masing-masing, dan mereka bisa dikombinasikan untuk pencapaian yang lebih baik.

Pages

Facebook pages mirip dengan profile biasa, tapi diperuntukkan untuk bisnis, organisasi dan publik figur. Users bisa “menyukai” sebuah page, yang artinya mereka akan secara otomatis mendapatkan update-update dari page tersebut di news feed mereka.

Pages bisa disukai oleh siapa saja, tanpa ada persetujuan dari pembuat page tersebut untuk menerima seorang penggemar. Page juga tidak memiliki batasan dari jumlah penggemar atau teman yang bisa page miliki (tidak seperti profile biasa yang dibatasi dengan 5000 pertemanan).

Keuntungan : Pages tidak dikenai biaya dan cukup mudah digunakan.

Kerugian : Cukup sulit untuk menancapkan kaki dan membangun basis penggemar dengan menggunakan page.

 

Ads

Facebook menawarkan sebuah platform periklanan fantastis yang sangat tertarget. Kamu bisa membuat iklan yang menyasar sebuah area geografis yang spesifik, usia, level edukasi, dan bahkan tipe gadget yang digunakan untuk browsing.

Keuntungan : Ads memiliki parameter targeting yang powerful.

Kerugian : Ads bisa jadi mahal, tergantung tujuan kamu.

 

Bagaimana memaksimalkan pemasaran menggunakan pages?

Related image

Facebook pages adalah yang tersimpel, jalan termudah untuk memulai pemasaran menggunakan facebook. Page tidak dikenai biaya, relatif mudah untuk digunakan, dan sangat fleksibel.

Sayangnya, banyak perusahaan tidak menggunakannya ke potensi maksimal; atau bahkan, mereka menggunakannya dengan buruk. Panduan ini akan menolongmu menghindari kesalahan-kesalahan tersebut.

Profile photo dan cover image

Profil fotomu mesti logo perusahaanmu. Sesimpel itu.

Cover image lain cerita. Itu benar-benar terserah padamu untuk memutuskan apa yang mau kamu letakkan disana. Beberapa perusahaan menggunakan gambar karyawan mereka, sementara yang lain menggunakan karya seni yang indah atau bahkan kontak informasi di cover image mereka. Pilihlah foto yang bisa menambah cantik page-mu dan mengarahkan mata pengunjung page-mu.

About / Tentang Kami

About section ditempatkan dibawah logo perusahaanmu. Ini adalah kesempatanmu untuk menceritakan kepada siapapun pengunjung page-mu apa yang bisnismu lakukan.

Pastikan kamu meletakkan informasi yang bagus disana, menceritakan apa yang bisnismu lakukan, mengapa kamu berbeda, dan hal menarik lainnya. Jika kamu bisa, luangkan waktu untuk menulis secara spesifik untuk audience facebook page-mu. Kamu bisa menyalin teks dari halaman “about” website atau blogmu, jika kamu memang terpaksa. Pastikan untuk mengisi semua datamu dibawah “Basic Info”.

Ingatlah untuk selalu ramah dan tidak kaku. Penggunaan kata yang santai bekerja dengan sangat baik di facebook. Berikut ini beberapa contoh yang baik :

HubSpots menerangkan kepada kita apa yang mereka lakukan dan memberi metode kontak :

hubspot-facebook-about

WP Engine berbagi tentang yang mereka lakukan dan jumlah konsumen yang mereka miliki, yang juga membantu memperkuat kredibilitas mereka :

wpengine-facebook-about-1

Post informasi yang berguna ke dindingmu

Apa yang kamu post ke dindingmu akan muncul di news feed semua orang yang menyukai page-mu, persis seperti ketika kamu post sesuatu ke dinding profile pribadi-mu.

Jadi, pastikan apa yang kamu posting itu berguna bagi penggemarmu. Jangan posting terus menerus tentang sesuatu yang sama, dan jangan juga posting terlalu banyak, sehingga memenuhi news feed penggemarmu.

Berikut beberapa ide untuk hal-hal baik yang bisa kamu posting di dinding page-mu :

  • link yang berkaitan dengan perusahaanmu atau pabrikmu.
  • link ke blog post-mu.
  • Kode kupon untuk penggemarmu, untuk mereka simpan ketika akan memesan produkmu.
  • Pengumuman produk baru.
  • Link kepada tools online yang mungkin berguna bagi penggemarmu.

Sekali lagi, pastikan postingan-mu bermanfaat. Juga, jangan posting terlalu banyak kecuali saat kamu memang sedang melakukan event.

Bertanyalah pada penggemarmu

Melibatkan penggemarmu dengan page-mu adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan loyalitas.

Bertanya di dalam update-anmu membuat orang-orang terdorong untuk terlibat, tapi dengan cara mereka masing-masing. Apa yang kamu tanyakan sebagian besar berkaitan dengan produkmu dan ketertarikan yang mengelilinya. Bertanya tentang opini mereka terhadap produk barumu bisa juga menunjukkan kepada followersmu, bahwa perusahaanmu peduli dengan apa yang mereka inginkan. Mendapatkan lebih banyak engagement juga akan membantumu meraih puncak dari news feed penggemarmu.

Jangan spamming!

Spam adalah salah satu cara tercepat untuk kehilangan penggemarmu. Jika kamu tidak melakukan apapun kecuali melakukan promosi buta tentang perusahaanmu, tanpa menambahkan nilai apapun, maka kamu akan kesulitan untuk menjaga para penggemarmu.

Sebelum kamu mengirimkan update apapun, tanya dirimu sendiri apakah postinganmu memberikan nilai lebih pada page-mu? Jika tidak, jangan post!

Pelajari statistik dan hasil

Facebook menawarkan beberapa analytics yang bagus untuk page-mu. Perhatikan itu. Jika kamu melihat lonjakan kenaikan penggemar (atau penurunan), lihat apa yang kamu posting baru-baru ini dan lihat apakah kamu bisa menerka alasan tren tersebut terjadi. Lalu, post tentang tren tersebut lebih banyak lagi (atau kurangi konten yang tidak populer, jika kamu kehilangan penggemar).

 

Iklan yang tertarget

Image result for target

Karena mengumpulkan banyak sekali demografi tentang para pengguna facebook, Facebook adalah salah satu dari yang terbaik; mengenai urusan periklanan secara online. Kamu bisa menargetkan pengguna berdasarkan apapun yang bisa kamu temukan dalam profile standard mereka, dan juga dapat membawa kesuksesan dengan baik dengan masing-masing segmen.

Iklan dapat bekerja berdasarkan per-impresi atau per-klik. Facebook menunjukkan kepadamu penawaran iklan yang mirip denganmu, jadi kamu tau apakah penawaranmu akan sama dengan perusahaan sejenis. Kamu juga bisa mengatur batas harian jadi tidak ada resiko budget meledak.

Tipe-tipe facebook ads

Terdapat beberapa sub-type yang bisa kamu pilih.

Kamu bisa membuat iklan yang mengarahkan ke facebook page-mu, atau ke situs yang tidak berada di dalam facebook.

Kamu bisa membuat iklan untuk mempromosikan Facebook event, lengkap dengan RSVP link.

Kamu bisa membuat iklan untuk instalasi aplikasi mobile dan app engagement.

Pengguna bisa menyembunyikan iklanmu

Facebook biasanya menawarkan opsi untuk “menyukai” setiap iklan di facebook. Sekarang sudah tidak lagi. Orang-orang bisa “menyukai” suatu iklan (jika itu sesuai dengan mereka) atau bisa menyembunyikan iklan tersebut. Seiring mereka menutup iklan tersebut, Facebook akan bertanya mengapa mereka tidak suka iklan tersebut.

Ini adalah informasi yang berharga, memberikan penglihatan terhadap mengapa iklanmu mungkin tidak bekerja dengan baik.

Opsi targeting yang powerful

Sebagaimana sudah disebutkan, Facebook memiliki beberapa powerful targeting tools dibandingkan program periklanan manapun.

Kamu bisa menargetkan berdasarkan apapun yang pengguna tampilkan di profilenya. Kamu bisa memulai dari lokasi mereka, jika itu penting. Kamu juga bisa secara spesifik menargetkan, entah dari kota-nya, kode pos, negara atau provinsi. Ini bekerja dengan baik bagi beberapa bisnis. Dari sana, kamu bisa memilih demografi dasar, termasuk status relationship, usia, tempat bekerja, pendidikan (termasuk jurusan dan tahun angkatan), ulang tahun, dan banyak lainnya.

Kamu bisa menargetkan iklan untuk orang yang baru pindah rumah. Jadi, jika kamu memiliki sebuha gym di kota Bandung dan ingin mencari orang-orang yang baru pindah ke daerah Bandung, kamu bisa menargetkannya dengan mudah.

Kamu juga bisa menarget orang-orang berdasarkan ketertarikan mereka. Katakanlah sebagai contoh, kamu memiliki produk yang menyasar para penggemar baseball. Kamu bisa memasukan baseball di kolom interests.

Atau, mungkin kamu menulis suatu buku dan kamu yakin orang-orang yang menyukai buku-buku dengan genre serupa akan menyukai bukumu. Masukan judul buku di kolom Interests, dan kamu bisa menyasar orang-orang tersebut.

Kamu bahkan bisa menargetkan daftar pengguna rahasia. Jika kamu memiliki daftar alamat email dari orang-orang yang kamu sasar, kamu bisa menggunakan facebook ads manager untuk menyasar orang-orang tersebut. Jadi, jika kamu menjalankan usaha yang memiliki 200 orang dalam daftar prospek pembeli, kamu bisa menggunakan email mereka untuk menyasar mereka dalam iklan facebook-mu.

Mengatur iklanmu

Keuntungan besar lainnya untuk mengetatkan target iklanmu adalah dengan membuat iklan berbeda untuk kelompok demografi yang berbeda. Iklan yang tertarget lebih baik akan menghasilkan hasil yang lebih baik pula.

Jika kamu menargetkan penggemar baseball, kamu bisa membuat iklan yang berbeda untuk tim-tim yang populer. Kamu bisa membuat iklan spesifik tentang Red sox fans, yang lain untuk Yankees fans, dan klub lainnya, dan juga orang orang yang memiliki ketertarikan terhadap timnya masing-masing.

Kesimpulannya 

Related image

Facebook bukan hanya powerful. Ia juga fleksibel. Tak peduli tipe perusahaan apa yang kamu jalankan, ia memiliki cukup opsi marketing yang berbeda sesuai dengan target market yang kamu butuhkan.

Ya, akan membutuhkan waktu sampai kamu mengenal semua fitur facebook, tapi perjuangannya akan sebanding dengan hasilnya! Facebook masih berkembang dengan kecepatan yang luar biasa, dan setiap hari facebook menjadi tempat pemasaran jejaring sosial yang terus membaik.

Juga penting untuk memnafaatkan momentum. Untuk saat ini, perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan facebook untuk memasarkan produk mereka masih menikmati keuntungan awal karena belum banyak yang terjun kesini. Ketika marketer traditional mulai bergeser ke facebook, persaingan akan semakin ketat, iklan akan menjadi lebih mahal, dan konsumen akan lebih banyak pilihan.

Jika Facebook sekarang belum menjadi bagian dari pemasaranmu, maka kamu harus menjadikannya. Singkirkan waktu untuk berfikir, mulailah kampanye percobaan, dan lihat apa yang terjadi. Seperti hal lainnya, Facebook ads membutuhkan latihan untuk menjadi semakin ahli.

Saran saya : MULAI SEKARANG!

Siap melaksanakan Facebook Ads?

Leave a comment